Ayat Kursi dan Khasiatnya | Sehat dengan Satu Ayat

27-01-2021

Ayat Kursi dan Khasiatnya | Fungsi Al-Qur’an bagi kaum mukminin tidak hanya sebagai petunjuk, tapi juga sebagai rahmat dan syifa’ (kesembuhan). Hal itu ditegaskan Allah dalam firman-Nya, “Katakanlah: Al-Qur’an itu adalah petunjuk dan syifa’ (kesembuhan) bagi mereka yang beriman” (QS. Fushshilat 44).

Al-Qur’an terdiri dari 30 Juz, 114 surat, 6.219 ayat (menurut para ulama Mekah), 77.439 kata, dan 340.740 huruf adalah mukjizat abadi, yang tak akan habis kedahsyatannya sampai akhir zaman. Oleh karena itu, kita bisa mengambil manfaat dari Al-Qur’an sebagai kesembuhan (terapi) untuk penyakit kita atau untuk menjaga kesehatan kita. Di antaranya dengan mengamalkan Ayat Kursi. 

Rasulullah saw. dan para sahabatnya telah menjadikan ayat Kursi sebagai wirid (bacaan rutin harian). Mereka membacanya setiap selesai shalat lima waktu, menjadikannya sebagai zikir pagi dan sore. Dan menjadikannya sebagai bagian dari zikir saat hendak tidur di pembaringan. Merekalah contoh dan teladan kita semua. Ayat Kursi dan Khasiatnya ini merupakan contoh dari Nabi.

Ayat Kursi dan Khasiatnya, Puncak Dalam Alquran

Rasulullah saw. pernah bertanya kepada Ubay bin Ka’ab ra, “Ayat mana yang paling agung dalam Kitabullah?” Ubay menjawab: “Ayat kursi.” Lalu Rasululullah menepuk-nepuk dada Ubay kemudian bersabda, “Wahai Abu Mundzir (Ubay), semoga engkau beruntung dengan ilmu yang kamu miliki” (HR. Muslim).

Abu Hurairah ra. meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Segala sesuatu itu ada punuk (puncaknya), dan sesungguhnya punuknya Al-Qur’an adalah surat al-Baqarah. Di dalamnya ada ayat yang merupakan raja semua ayat, yaitu Ayat Kursi.” (HR. Tirmidzi). Abdullah bin Mas’ud ra. berkata, “Tiada suatu makhluk di langit dan di bumi yang lebih agung dari pada Ayat Kursi” (HR. Tirmidzi)

Ayat Kursi Benteng Keselamatan

Rasulullah saw. bersabda, “Siapa saja yang membaca ayat Kursi di setiap habis shalat wajib, maka ia berada dalam Dzimmah Allah sampai shalat berikutnya.” (HR. Thabrani dan dihasankan Imam al-Haitsami). Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan bahwa maksud dari Dzimmah Allah adalah jaminan Allah dan perlindungan-Nya (Syarhu Shahihi Muslim: 2/ 459).

Sungguh beruntung dan mulia, orang yang dijamin oleh Allah dalam hidupnya, dan orang yang berada dalam perlindungan Allah dalam kesehariannya. Karena tiada suatu kejahatan dan mara bahaya yang bisa mengancam keselamatannya. Sebab orang itu dalam benteng dan perlindungan yang Maha Kuat dan Maha Perkasa yaitu Allah Ta’ala. Sehingga ia akan mendapatkan keamanan yang paripurna, dari berbagai macam bahaya dan petaka. Ayat Kursi dan Khasiatnya merupakan kebiasaan orang sholeh.

Ayat Kursi Pelindung dari Kejahatan Syetan

Suatu ketika –dengan izin Allah- Ubay bin Ka’ab memergoki jin yang mencuri hartanya, Apa yang bisa menyelamatkan kami dari kejahatan kalian? Jin itu menjawab, “Ayat yang ada di surat al-Baqarah (ayat Kursi). Siapa yang membacanya di sore hari, maka ia terlindungi dari kejahatan kami sampai pagi. Siapa yang membacanya di pagi hari, maka ia terlindungi sampai sore hari.”

Di pagi harinya, Ubay cerita ke Rasulullah saw. lalu beliau bersabda, “Si Khobits (jin) itu benar”. (HR. Hakim, dan ia menshahihkannya)

Baca Ayat Kursi Sebelum Tidur

Bacalah ayat Kursi sebelum tidur, agar saat kita tertidur kita tetap dalam lindungan Allah dari ancaman segala hal yang kita khawatirkan. Rasulullah saw. bersabda, “Apabila kamu merebahkan diri di pembaringan, maka bacalah ayat Kursi sampai tuntas. Karena dengan begitu Allah akan menjagamu, dan sungguh syetan tidak akan mendekatimu sampai pagi” (HR. Bukhari).

Ada jamaah di Masjid ar-Rahmah Salemba Jakarta yang pernah bercerita. Sudah lama dia mengamalkan ayat Kursi sebagai zikir harian, dibaca setelah shalat lima waktu dan sebelum tidur. Suatu hari dia naik motor membonceng istrinya menuju pasar.

Di jalan raya, ia dihantam sebuah mobil dari arah belakang, motornya terpental dan ia beserta istrinya jatuh, tapi keduanya selamat dan tidak lecet sedikitpun. Motornya juga tidak rusak parah, hanya lampu sein belakang yang pecah. Anehnya justru mobil yang menabrak rusak parah, terutama bagian depannya. Dia yakin, itu berkah dari ayat Kursi yang diamalkannya setiap hari. Ayat Kursi dan Khasiatnya sangatlah luar biasa.

Mari kita amalkan ayat Kursi setiap hari, terutama setelah shalat wajib, sebelum tidur dan sebagai zikir pagi dan sore. Bukan menjadikat ayat Kursi sebagai jimat, ditulis lalu dijadikan gelang, kalung, sabuk atau dimasukkan dompet. Ayat Kursi dan Khasiatnya bukan dengan cara yang tak dicontohkan Nabi dan sahabatnya. 

Tapi kita melafalkannya, lalu kita pahami maknanya dan kita amalkan kandungannya. Dengan begitu, insya Allah kita akan selalu dalam lindungan Allah, sehingga kita selamat di dunia dan di akhirat. Selamat menikmati dahsyatnya Ayat Kursi. Ayat Kursi dan Khasiatnya dicontohkan Nabi dan sahabatnya.

Oleh Hasan Bishri, Lc,  (Direktur Graha Ruqyah Salemba, Jakarta) 
###

Jika Anda ingin menolak bala atau musibah, maka tolaklah dengan sedekah. Jika Anda berniat untuk berinfaq atau bershadaqoh secara rutin, bisa melalui YDSF via rekening BRI Syariah nomor 77.00.000.000 atau Bank Mandiri Syariah nomor 703.996.999.2, atas nama Yayasan Dana Sosial Al Falah. YDSF adalah lembaga amil zakat nasional yang sudah berkiprah sejak 1987 dan dipercaya 300 ribu lebih donatur rutin tiap bulannya. Silakan hubungi petugas kami 0811-350-3151 (WhatsApp/SMS).

Foto:internet