Hari Guru Nasional 2022, Doa Kami Untukmu

25-11-2022

Hari Guru Nasional 2022, Doa Kami Untukmu |  Imam Ahmad bin Hanbal, salah seorang murid Imam Syafi'i pernah mencontohkan, disebutkan dalam Risalah al-Mustarsyidin karya Al-Harits al-Muhasibi, Imam Ahmad mengatakan bahwa sudah 30 tahun ia selalu mendoakan Imam Syafi'i dan memohonkan ampun untuknya.

Putra Imam Ahmad yang bernama Abdullah bin Ahmad bin Hanbal juga pernah bercerita tatkala ia menanyakan perihal Imam Syafi'i kepada ayahnya..

"Siapakah orang yang disebut-sebut sebagai Imam Syafi'i itu? Aku sering mendengar engkau selalu mendoakannya," tanya Abdullah kepada Imam Ahmad, seperti diterjemahkan oleh Abdul Aziz.

Imam Ahmad menjawab, "Nak, Imam Syafi'i itu bagaikan matahari bagi dunia ini dan bagaikan obat bagi manusia. Perhatikanlah adakah yang bisa meneruskan ataupun menggantikan kedua hal itu?"

Percakapan antara Abdullah dan ayahnya tersebut turut dikisahkan dalam Tarikh Baghdad karangan al-Khatib al-Baghdadi. (Baca juga: Kisah Guru di Jember | Mengantar Siswa Mandi di Kali

Doa yang dimaksud Imam Ahmad untuk sang guru adalah "Ya Allah, ampunilah diriku, orang tuaku, serta Muhammad bin Idris asy-Syafi'i."

Berdasarkan hal itu, kita bisa memberikan ucapan Hari Guru Nasional sebagaimana yang dicontohkan para ulama seperti Imam Ahmad dengan mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 2022 dilanjutkan dengan doa, "Ya Allah, ampunilah diriku, orang tuaku, serta guruku (bisa menyebutkan nama guru)." 

(Baca juga: Kembali ke Desa Curah Situbondo Mengajar Ngaji)

Selain ucapan Hari Guru sebagaimana dicontohkan murid Imam Syafi'i tersebut; menurut sebuah hadits yang termaktub dalam Kitab Jami' as-Shaghir karya Jalaludin As-Suyuthi, Abu Hurairah ra. meriwayatkan bahwa Rasulullah pernah berpesan untuk berlaku rendah hati terhadap guru. Beliau SAW bersabda,

"Pelajarilah ilmu, pelajarilah ketenangan dan rasa hormat demi ilmu, dan rendah hatilah terhadap gurumu." (Hadits ini turut diriwayatkan At Thabrani dan Ibnu Adi)

Selamat guruku..doaku untukmu...

(Oleh Oki Bintan Ariani, Tim Media YDSF Jember)

Baca juga: Kisah Guru Sukses Situbondo