Suami Menjauh Dari Istri | Konsultasi Agama

07-07-2021

Suami Menjauh Dari IstriAssalamu alaikum Ustadz. Saya seorang istri usia 38 tahun, dengan satu putra. Dalam mengarungi rumah tangga, saya banyak menemui ujian. Saat ini adalah pernikahan saya yang ketiga.

Dua sebelumnya berujung dengan perceraian. Yang pertama, kami berjauhan dan setelah 4 bulan saya mendatangi suami di kotanya ternyata dia sudah pindah rumah dan entah kemana saya tidak tahu.

Yang kedua pun kandas (penanya tidak menjelaskan sebabnya, Red). Sedangkan yang ketiga ini pun di ambang perpecahan. Sebabnya, suami punya kendala –maaf- seksualitas.

Masalahnya adalah dia tidak mau berobat. Tidak mau ikut terapi. Suami menjauh dari istri. Dia bilang, “Nanti aku akan balik lagi kalau sudah siap.” Dia sudah jarang pulang.

Sebenarnya dengan suami ketiga ini kami baik-baik saja. Rumah tangga kami baru satu tahun. Dan tidak ada masalah rumit. Secara ekonomi baik meskipun hidup sederhana. Juga tidak ada masalah dengan hadirnya pihak ketiga atau lawan jenis.

Dengan suami ketiga ini kami memang belum dikarunai anak. Karena itu, sebenarnya saya ingin mengajaknya konsultasi ke dokter tapi dia selalu menolak. Suami menjauh dari istri. 

Namun lama kelamaan dia seperti minder. Urusan kesehatan reproduksi ini jadi kambing hitam. Pertanyaan saya:

1. Apakah kalimat dia nanti aku akan balik lagi kalau sudah siap bermakna talak?

2. Saya jadi bingung, mau bicara baik-baik pun tapi dia seolah tidak siap. Selalu menghindar. Apa yang harus saya lakukan saat ini Ustadz?

Terima kasih atas penjelasan Ustadz.

Ria di kota B

Jawab

Akhirnya Ibu memahami akar masalah suami. Saya yakin suami Ibu akan terus berikhtiar. Sungguh urusan kesehatan reproduksi itu bukankah sifatnya temporer? Jika kembali normal maka akan ada perubahan yang signifikan. (Baca juga: Suami Istri Bertengkar Rahasia Agar Tetap Samawa)

Ibu tinggal membantu secara psikologis, agar tidak menjadi trauma pihak suami. Percayalah pada suami, apalagi hasil analisis Ibu di atas, “Sebenarnya dengan suami ketiga ini kami baik-baik saja. Rumah tangga kami baru satu tahun. Dan tidak ada masalah rumit. Secara ekonomi baik meskipun hidup sederhana. Juga tidak ada masalah dengan hadirnya pihak ketiga atau lawan jenis.”

Mudah-mudahan akar masalahnya terselesaikan dan kehidupan rumah tanggan pun berjalan sesuai yang diharapkan.(Baca juga: Istri Menyesal Setelah Suami Meninggal, dulunya sering meremehkan suami)

 

###

Dijawab oleh Dr. Zainuddin, Dosen Tafsir Hadits UIN Sunan Ampel & Dewan Syariah YDSF
Kirimkan pertanyaan Anda ke: 0811-350-3151 atau email ke ydsf.jemberbisa@gmail.com
Identitas penanya akan kami rahasiakan. 

Konsultasi agama ini merupakan layanan gratis dari YDSF. 
YDSF adalah lembaga amil zakat nasional yang berdiri sejak 1987 dan dipercaya lebih dari 300 ribu donatur rutin tiap bulannya.

Jika Anda ingin berinfaq atau bershadaqoh secara rutin, bisa melalui YDSF via rekening BRI Syariah nomor 77.00.000.000 atau Bank Mandiri Syariah nomor 703.996.999.2, atas nama Yayasan Dana Sosial Al Falah.

(Mari bantu: Bantu Yatim Dhuafa Penghafal Al-Qur’an Sembuh dari TBC)

Foto: pixabay.com